Indonesian Waste Water Treatment (WWT) Forum

Home » Knowledge » WWT training 2010

WWT training 2010

Blog Stats

  • 19,781 hits
March 2010
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives – Arsip

Pada tahun 2010, kami mengadakan in house training kembali tentang Waste Water Treatment (WWT) operation training. Awal bulan Feb 2010 telah di lakukan training di PT. Integra Lestari, Mojokerto. Perusahaan ini memproduksi kertas yang di jual baik di dalam maupun di luar negeri. Peserta training sekitar 17 orang terdiri dari personal WWT plant, paper machine, QA QC, ISO dan bagian terkait lainnya. In house training di laksanakan selama satu hari penuh membahas mulai dari physical, chemical treatment dan tentu biological treatment. PT. Integra Lestari mempergunakan aerobic type extended aeration dengan peralatan pelengkap lainnya seperti equalization basin, primary, secondary clarifier, thickener, beltpress dan effluent pond.

Seminggu kemudian in house training di lakukan di PT. Surya Kertas, Gresik Surabaya. Peserta training lebih dari 25 perserta baik dari area WWT sendiri, QA QC maupun dari bagian produksi. Peluang process improvement dan design WWT system di sampaikan selama setengah hari dari sesi training. Seluruh peserta merasa lebih puas karena training bisa di laksanakan secara tailor made sesuai dengan actual plant system yang ada di PT. Surya Kertas sendiri. Management perusahaan juga meminta kepada WatreatServices untuk melakukan detail assessment pada minggu berikutnya.

Pelaksanaan training di lanjutkan ke Pura Group, Kudus, Jawa Tengah. Group perusahaan ini terdiri dari PT. Pura Nusapersada, PT. Pura Barutama dan pura box, lebih dari 30 perserta training dari berbagai seksi dari beberapa anak perusahaan Pura Group.

Beberapa peserta training kemudian bergabung pada forum WWT di wwt_ipal@yahoogroups.com untuk melanjutkan diskusi tentang WWT dan lingkungan lainnya. Di perusahaan ini juga di diskusikan tentang implementasi anaerobic system dan CDM clean development mechanism, project yang mulai muncul di Indonesia.

Trainer DWI Handaya, yang telah menyampaikan materi training di ketiga lokasi perusahaan tersebut di atas.

http://www.dwihandaya.com

 


Leave a comment